Kelompok 47 Desa Nagrog Mengikuti Acara SABER (Sabilulungan Bersih) di Desa Nagrog

Cicalengka – Jumat (4/8/2017) kelompok 47 KKN SISDAMAS UIN Desa Nagrog mengikuti acara SABER di desa. Kelompok 47 membersihkan  sampah plastik dan dedaunan yang berada disekitar lapang volly desa Nagrog. Selain membersihkan sampah para peserta KKN juga melakukan pengecetan tembok samping lapang.

pengumpulan sampah plastik dan dedaunan oleh mahasiswa KKN UIN dan anggota tim SABER untuk dibakar

 

 

Kegiatan SABER dimulai pukul 08.00 WIB sampe menjelang jumatan. Para aparatur desa juga ikut membersihkan lapangan sekitar. Acara SABER juga merupakan acara rutin mingguan desa Nagrog untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Setiap hari jumat pagi para masyarakat dan aparatur desa gotong royong membersihkan daerah sekitar desa nagrog.

 

Sekertaris Desa ketika sedang melakukan pengecekan dan memberikan instruksi kepada anggota tim SABER dan mahasiswa KKN UIN
pengecetan bahu jalan oleh mahasiswa KKN UIN Desa Nagrog untuk menyambut HUT-RI ke 72

 

Penulis                 : Irfan Aditia Maulana/ kel. 47 Desa Nagrog

Serah Terima Peserta KKN Sisdamas Desan Nagrog Kec. Cicalengka Kab. Bandung

KKN Sisdamas adalah kegiatan pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disuatu daerah tertentu yang dilakukan oleh mahasiswa untuk turut melakukan pemberdayaan masyarakat dengan prinsip pembangunan partisipatif, demokratis dan berkelanjutan berlandaskan nilai-nilai luhur kemanusiaan.

KKN Sisdamas merupakan kegiatan akademik dengan basis pemberdayaan masyarakt yang dilakukan oleh mahasiswa dengan supervisi dosen pembimbing lapangan. Dalam program pemberdayaan ini, individu, kelompok maupun komunitas berusaha mengontrol kehidupan mereka sendiri dan mengusahakan untuk membentuk masa depan sesuai dengan keinginan mereka. Pemberdayaan masyrakat merupakan tujuan akhir dari dharma pengabdian kepada masyarakat.

Perlu diakui, capaian hasil pemberdayaan dalam kegiatan KKn bisa jadi menjawab kebutuhan masyarakat tentang problema kehidupan sosial , ekonomi, agama, pendidikan, telnologi dan sebagainya, baik membentuk suatu program jangka pendek. Sebagai fasilitator, mahasiswa peserta KKn akan membangun kesadaran kritis masyarakat.

Pada tanggal 2 Agustus 2017 para peseta KKN Sisdamas mengikuti acara serah terima di aula kantor Desa Nagrog yang dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kepala Desa Bapak Gungun Suganda.S.Pdi,. ,para kepala dusun dan juga para peserta KKN Sisdamas yang bertugas di Desa Nagrog. Dibuka oleh pembawa acara dan di lanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan di isi dengan sambutan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan juga bapak kepala Desan Nagrog, lalu dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan di akhiri acara serah terima pesrta KKN Sisdamas di aula kantor Desan nagrog.