Pelaksanaan Program dan Monitoring Evaluasi (Siklus IV)

Keterangan Gambar : Siklus 4

Program Jangka Pendek

  • Sarana Prasarana Pertanian
  • Penyuluhan tentang pupuk dari tembakau (tim pak Jojo)
  • Petunjuk Arah/Tempat (tim Pak Ade / Senin Ba’da Dzuhur)
  • Membangkitkan kobong sebagai tempat
  • Mahasiswa memberikan motivasi
  • Tempat pembuangan sampah akhir
  • Mahasiswa bermushawarah dengan desa (Senin ba’da Dzuhur)
  • Karang taruna
  • Pembentukan Karang Taruna (tim Pak Asep & Pak Dudung)
  • Waktu: Sabtu, 26 Agustus 2017

Gelar Perencanaan Partisipatif dan Sinergi Program, Mahasiswa Catat 10 Permasalahan Prioritas

Keterangan Gambar : Kegiatan Siklus 3. Perencanaan Partisipatif dan Sinergi Program.

Majalengka – Seusai melaksanakan pemetaan sosial dan pengorganisasian masyarakat pada siklus kedua pada sabtu (19/08/2017 ), mahasiswa KKN SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali mengumpulkan masyarakat dalam siklus ketiga guna melakukan perencanaan partisipatif dan sinergi program. Kegiatan yang berlangsung bakda salat Isya di Mesjid Jami Al-Mujahidin pada selasa(22/08/2017) tersebut dihadiri oleh lebih kurang 20 orang warga yang mewakili 3 dusun di desa Babakansari.

Sebelumnya, pada siklus pertama dan kedua mahasiswa mencatat  beberapa permasalahan yang dirasakan masyarakat di masing-masing dusun. Selanjutnya, di siklus ketiga ini, mahasiswa meminta masyarakat untuk memberikan penilaian untuk setiap masalah yang sebelumnya telah direkap untuk kemudian dicari alternatif pemecahannya. Hasilnya, terdapat 10 masalah prioritas yang kemudian diberi ranking sesuai dengan skala prioritasnya.

Selanjutnya, diantara 10 masalah prioritas tersebut, beberapa menghasilkan terbentuknya program yang diinisiasi oleh masyarakat sebagai alternatif pemecahan. Diantara program tersebut antara lain yang berkenaan dengan masalah pertanian, pembentukan kembali Karang Taruna Desa, serta pembuatan plang jalan.

Kegiatan HUT RI yang ke-72 di Desa Babakansari Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka

Majalengka – 17 Agustus merupakan tanggal yang bersejarah dan penuh makna dimana pada tanggal tersebut tertuang perjuangan rakyat Indonesia pada tahun 1945 untuk tanah air Indonesia. Untuk menghormati jasa para pahlawan pada saat itu, maka rakyat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus selalu mengadakan kegiatan yang bertemakan HUT RI seperti upacara pengibaran bendera merah putih dan pesta rakyat.

Keterangan Gambar : Pengibaran Bendera Merah Putih Kec. Bantarujeg. (17/08/2017)

Salah satunya seperti kegiatan yang diadakan di kecamatan Bantarujeg yaitu upacara pengibaran bendera merah putih dan pesta rakyat yang diadakan oleh masyarakat desa Babakansari. Upacara pengibaran bendera merah putih tersebut dilaksanakan di kecamatan Bantarujeg dengan paskibra terpilih dari SMA, SMK, MTS dan sederajat, dihadiri oleh masyarakat kecamatan Bantarujeg serta Mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati bandung, Mahasiswa KKN UNIKU, dan Mahasiswa KKN UNMA.

Keterangan Gambar : Karya karnaval dari masyarakat desa. babakansari

Setelah pelaksanaan upacara bendera merah putih selesai, acara HUT RI dilanjut dengan karnaval mengelilingi kecamatan Bantarujeg yang dilakukan oleh masyarakat kecamatan Bantarujeg dan Mahasiswa KKN. Acara karnaval ini sangat meriah karena masyarakatnya yang sangat antusias dalam memeriahkan HUT RI, berbagai kostum masyarakat kecamatan Bantarujeg kenakan ada yang mengenakan pakaian seperti orang petani, pakaian pernikahan, orang terhormat dan lain-lain.

Keterangan Gambar : Acara memperingati HUT RI di blok cicako

Setelah upacara bendera merah putih dan karnaval selesai, kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ini dilanjut ke pesta rakyat dengan waktu yang berbeda. Untuk tanggal 17 Agustus 2017, ada dua blok yang kami garap dalam memeriahkan HUT RI yaitu Cinangka atas, Cinangka bawah dan Cicako. Acara HUT RI di Cinangka dan Cicako sangat meriah sekali, bahkan di blok Cicako acaranya diadakan sampai malam.

Keterangan Gambar : Mahasiswa mahasiswi KKN UIN SGD Bandung menjadi panitia dalam rangka HUT RI ke-72 di blok cinangka.

Untuk kegiatan pesta rakyat di Cinangka diadakan di Cinangka atas dan Cinangka bawah. Cinangka atas dilakukan oleh karang taruna sedangkan Cinangka bawah di adakan oleh salah satu warga Cinangka serta Mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung kelompok 190 Desa Babakansari.

Selengkapnya : https://youtu.be/iQ64i1KkyVQ

Kegiatan Rutinitas Bola Volly Mahasiswa, Mahasiswi dengan Masyarakat Dusun Babakansari

Majalengka – Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan, masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Bola voli ini juga merupakan salah satu permainan olahraga yang sangat digemari di Indonseia salah satunya di desa Babakansari kecamatan Bantarujeg kabupaten Majalengka. Bahkan bola voli ini di kecamatan Bantarujeg sebagai olahraga pendidikan yang wajib dilakukan disekolah-sekolah.

 

Keterangan Gambar : Salah seorang mahasiswi KKN kelompok 190 (Niki Fauziah) tengah bermain bola volly dengan masyarakat dusun babakansari, yang bertempatkan di pinggir kantor kecamatan.

Masyarakat desa Babakansari sangat berantusias sekali setiap mengikuti perlombaan bola voli, bahkan perlombaan bola voli untuk memperingati HUT RI Ke-72 yang diadakan oleh Kecamatan bantarujeg kemarin desa Babakansari medapatkan juara ke 2 tingkat desa.

Hampir setiap hari sekitar jam 16.00 WIB masyarakat desa Babakansari berlatih bola voli baik itu sebelum perlombaan ataupun tidak ada perlombaan. Latihan bola voli di desa Babakansari ini dilakukan oleh anak-anak sampai orangtua, dari teknik dasar sampai latihan fisik yang bertempat di pinggir aula kecamatan Bantarujeg.

Siklus 2 : Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat

Keterangan Gambar : Siklus 2 Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat bertempat di masjid jami Al-Mujahidin

Majalengka – Pelaksanaan KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN Desa Babakansari. Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat siklus 2 di desa Babakansari telah dilaksanakan pada hari Sabtu 19/08/2017 pukul 19.30 WIB di Masjid Al-Mujahidin Desa Babakansari. Pemetaan dan pengorganisasian ini dihadiri oleh tokoh masyarakat yang mewakili 4 RT dari 8 RT Babakansari, Pak kesra (kesejahtreaan rakyat) Dusun Cipondo, dan Pak Maryono selaku kepala Dusun Sukanegara. Dalam pelaksanaannya berjalan lancar dan mendapat antusias lebih dari masyarakat, Acara tersebut juga dihadiri oleh dosen pembimbing mahasiswa KKN desa Babakansari yaitu bapak Dedi Sulaeman, M.Hum.

Pemetaan Sosial yang diadakan pada malam hari ini dilakukan secara terstruktur dan terarah, mahasiswa melebur mendampingi setiap masyarakat untuk memetakan perihal lokasi setiap dusun yang bermasalah baik dari prasarana, lapangan pekerjaan, sumber daya, tingkat ekonomi dan fasilitas pendidikan pun kerap di singgung dalam pembahasannya.

Siklus 2 ini pun menghasilkan data yang lebih akurat mengenai inti permasalahan dan jumlah titik lokasi dari denah setiap dusun. Dengan demikian masyarakat dapat melihat peta secara geografis desa Babakansari.

Meski demikian siklus 2 ini mengalami beberapa kendala, diantaranya tidak hadirnya tokoh agama dan masyarakat dari dusun Cipondo yang di undang, dikarenakan waktu pelaksanaan malam hari karena mengingat jarak dan transportasi yang minim. Meskipun demikian, Pemetaan sosial dan pengorganisasian masyarakat ini menghasilkan data akurat yang tersampaikan oleh para tokoh masyarakat yang hadir.

Demikian merupakan hasil dari pemetaan sosial yang telah dilakukan didalam periode siklus 2. Adapun beberapa poin lainnya tidak terungkapkan dikarenakan beberapahal yang menjadi kendala terlaksananya rempug warga siklus 2 tersebut. (19/08/2017)

Siswa-Siswi SMPN 1 Bantarujeg Menerima Para Peserta KKN Sisdamas dengan Antusias

Keterangan Gambar : Mahasiswa mahasiswi KKN UIN SGD Bandung (Kelompok 192) perkenalan di SMPN 1 Bantarujeg

Majalengka – Jum’at 04/07/17 para peserta KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung kelompok 192 melakukan pengabdian kepada instansi sekolah. Salah satu sekolah yang mereka datangi adalah SMPN 1 Bantarujeg.

Agendanya adalah pengenalan mahasiswa kepada para siswa-siswi yang ada di SMPN 1 Bantarujeg. Mahasiswa memperkenalkan dirinya satu persatu. Para siswa yang saat itu sudah berada dalam luar kegiatan belajar mengajar (KBM) antusias menyambut kedatangan para mahasiswa. Diselingi dengan guyonan, para siswa tergelitik dan membuat suasana tidak menjadi canggung.

Ke 14 peserta KKN Sisdamas merasa senang dengan respon para siswa dan juga pihak sekolah yang begitu someah (ramah). Karena dengan demikian para peserta KKN Sisdamas ini bisa menjalankan pengabdiannya dengan rasa nyaman.

Antusisme para siswa bisa di lihat ketikapara peserta KKN Sisdamas ini menyerukan untuk bertanya mereka saling berebut mengacungkan tangan untuk bertanya, walaupun beberapa pertanyaan berisi selengehan tetapi tetap di tanggapi dengan semangat oleh para peserta KKN Sisdamas. Kemudian ada salah satu siswa yang menyatakan pernyataannya “Kakak sudah saja mengajar disini” kata salah seorang siswa yang kemudian di kuatkan oleh teman-temannya. 04/08, kelompok 192 KKN Sisdamas Kab. Majalengka.

Mahasiswa KKN ikut memeriahkan acara perlombaan 17 Agustusan di RT 11 dan RT 12, desa Babakansari.

Keterangan Gambar: Mahasiswa KKN Sisdamas kelompok 192 yang berperan sebagai panitia berfoto bersama peserta perlombaan panjat pinang RT 12 di akhir acara.

Majalengka – Pada tanggal 17 agustus kemarin sebagian besar masyarakat kecamatan Bantarujeg turut serta memeriahkan dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72 dengan mengikuti upacara dan karnaval yang dilakukan dari gedung kecamatan sampai ke alun-alun Bantarujeg. Karnaval berakhir tepat pada saat waktu adzan dhuhur berkumandang, acarapun dilanjutkan di setiap rt diseluruh wilayah kecamatan bantarujeg terutama di desa Babakan Sari RT 12 dan RT 11.

Selepas melaksanakan shalat duhur para mahasiswa KKN kelompok 192 dan masyarakat di wilayah RT 11 dan RT 12 desa Babakan Sari melanjutkan acara perlombaan dalam rangka memeriahkan dirgahayu Republik Indonesia. Acara perlombaan dilaksanakan di dua wilayah berbeda, yakni di RT 11 dan RT 12. Para mahasiswa KKN kelompok 192 membagi wilayah tugas untuk turut serta dalam acara yang diselenggarakan atas kerja sama mahasiswa dan karang taruna dari dua RT tersebut.

Keterangan Gambar: Mahasiswa KKN Sisdamas kelompok 192 yang berperan sebagai panitia berfoto bersama Karang Taruna RT 11 di akhir acara perlombaan.

Perlombaan yang diselenggarakan sangat beragam dan meriah, terlihat dari antusiasme masyarakat yang turut serta dalam perlombaan dengan rentan usia yang beragam. Perlombaan dilakukan dalam beberapa kategori sehingga satu macam perlombaan bisa diikuti oleh semua usia. Acara perlombaan tersebut berakhir sebelum waktu maghrib dengan menghasilkan banyak juara-juara dari setiap jenis perlombaan dan tentunya menyisakan kesan manis dan bahagia di hati masyarakat yang turut serta memeriahkan acara tersebut terutama di hati para mahasiswa KKN kelompok 192. 13/08/2017 Kelompok 192 KKN Sisdamas Desa Babakansari Kecamatan Bantarujeg kabupaten Majalengka.

Sikus 1 : Rempug Warga dan Refleksi Sosial Desa Babakansari

Keterangan Gambar : Rempug warga dan refleksi sosial desa babakansari di rt 08 blok paser (09/08/2017)

Majalengka – Pelaksanaan KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN desa babakansari. Rempug warga siklus 1 di desa Babakansari telah dilaksanakan pada hari Rabu 09/08/2017 pada pukul 13.15 WIB sampai selesai. Rempug warga ini dihadiri oleh tokoh masyarakat yang mewakili 4 RT dari 8 RT yang diundang. Dalam pelaksanaannya berjalan lancar, walaupun hanya dihadiri oleh setengah dari tokoh masyarakat yang diundang. Acara tersebut juga dihadiri oleh dosen pembimbing mahasiswa KKN desa Babakansari yaitu bapak Dedi Sulaeman, M.Hum.

Rempug warga yang diadakan pada siang hari itu mengalami beberapa kendala, diantaranya tidak hadirnya para warga dan sebagian tokoh masyarakat yang di undang dikarenakan waktu pelaksanaan yang kurang tepat yang bertepatan dengan jam kerja sebagian besar masyarakat desa Babakansari. Meskipun demikian, rempug warga ini menghasilkan refleksi sosial  yang tersampaikan oleh para tokoh masyarakat yang hadir.

Refleksi sosial yang dihasilkan selama rempug warga tersebut, diantaranya :

  1. Kurangnya dorongan dari orang tua perihal kesadaran beragama.
  2. Kurangnya kekompakan antar tokoh agama yang ada.
  3. Permasalahan air dikarenakan letak geografis desa.
  4. Kurangnya kesadaran beragama dikalangan pemuda
  5. Tidak tersedianya penunjuk arah ketempat / sarana masyarakat.
  6. Kurangnya kedekatan antar sebagian pemuda dengan tokoh-tokoh masyarakat atau agama.
  7. Ketidak aktifan karang taruna dalam menghidupkan kegiatan masyarakat
  8. Kaderisasi kepemudaan untuk menjadi penerus para tokoh masyarakat di masa mendatang masih mandek.

Demikian merupakan hasildari rempug warga yang telah dilakukan didalam periode siklus 1. Adapun beberapa poin lainnya tidak terungkapkan dikarenakan beberapahal yang menjadi kendala terlaksananya rempug warga siklus 1 tersebut.

Menuju Hari Jadi Pramuka ke 56

Keterangan Gambar : Mahasiswa KKN kelompok 192 (Maliah Sabriana, AlfiSa’diah, Ade Fikri, Nurfitriyani, dan DedeFajar) berfoto bersama sebagian siswi SD Babakansari 1 yang akan berangkat menuju perkemahan.

Majalengka – Bulan Agustus merupakan bulan yang special. Selain merupakan bulan dirayakannya dirgahayu Republik Indonesia juga merupakan bulan diadakannya kegiatan perkemahan pramuka untuk memperingati hari jadi pramuka yang hanya selisih tiga hari saja dari perayaan dirgahayu Republik Indonesia.

Pada hari minggu pagi tanggal 13/08, para siswa dan siswi SD Babakansari  1 sudah ramai berkumpul dengan menggunakan seragam warna coklat yang tidak lain merupakan warna khas pramuka. Para siswa dan siswi sudah berbaris rapi di pimpino leh guru Pembina pramuka untuk melakukan apel pagi sebelum pemberangkatan menuju lokasi perkemahan.

Tidak hanya para siswa dan siswi peserta kemah yang terlihat mengikuti apel pagi itu, namun juga terlihat beberapa guru sekolah yang mengenakan seragam senada dengan para siswa dan siswi dan tak lupa beberapa mahasiswa KKN kelompok 192 yang terlihat siap mengikuti kegiatan apel pagi itu.

Setelah pelaksanaan apel pagi dibubarkan, para peserta kemah dari SD Babakansari mulai diberangkatkan dengan menggunakan mobil pick up dan di iringi oleh para mahasiswa KKN serta para guru sekolah. Pemberangkatan dilakukan pada pukul 08.00 WIB. Rombongan peserta kemah SD Babakansari sampai dengan selamat di lokasi tepat pukul 08.00 WIB karena lokasi perkemahan tidak terlalu jauh dan tidak mengalami hambatan yang berarti selama diperjalanan menuju lokasi. 13/08/2017 Kelompok 192 KKN Sisdamas Desa Babakansari Kecamatan Bantarujeg kabupaten Majalengka.

Mahasiswa KKN Kelompok 192 Ikut Membantu Panitia Pelepasan Jemaah Haji KBIH Kecamatan Bantarujeg

Keterangan Gambar : Mahasiswa KKN kelompok 192 (Anggita Noval dan Ahmad Zakariya) berfoto bersama jamaah haji KBIH kecamatan Bantarujeg saat ikut membantu panitia pelepasan haji di masjid An-Najjah.

Majalengka – Pada hari sabtu tanggal 12/08 kemarin merupakan momentum pelepasan Jemaah haji KBIH kecamatan Bantarujeg yang dilaksanakan di masjid An-Najjah yang berlokasi di depan balai desa Bantarujeg.

Selepas dzuhur, para mahasiswa KKN Sisdamas kelompok 192 sudah terlihat stand by di lingkungan masjid An-Najjah bersama para panitia pemberangkatan haji lainnya dalam rangka ikut membantu meringankan tugas para panitia pelepasan haji untuk menyambut para Jemaah dan mempersiapkan acara pelepasan yang akan dipimpin oleh bapak camat Bantarujeg secara langsung.

Acara pelepasan dilakukan tepat pada pukul 14.30 WIB dan selesai pada waktu adzan ashar berkumandang. Para Jemaah haji melaksanakan shalat ashar berjamaah bersama bapak camat Bantarujeg dan sanak keluarga yang ikut mendampinginya.

Para Jemaah haji diberangkatan dengan menggunakan dua bis yang diparkirkan didepan halaman masjid An-Najjah. Para Jemaah haji yang berjumlah 56 orang tersebut diberangkatkan dengan ditemani pihak KBIH kecamatan Bantarujeg dengan tujuan pemberangkatan menuju asrama haji di Majalengka sebelum akhirnya menyambung perjalanan kebandara. 12/08/2017 Kelompok 192 KKN Sisdamas Desa Babakansari Kecamatan Bantarujeg kabupaten Majalengka.